PEBANGUNAN PABRIK SEMEN DI PAPUA

PT Semen Indonesia (Pesero) Tbl, mengumumkan pada saat launching proyek tanggal 2 April 2015, akan bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten Jayapura melalui badan usaha milik daerah untuk membangun pabrik semen pertama di Prov Papua.
Luas pabrik itu 420-540 Km2 yang akan dimulai awal tahun depan.
Sebelumnya Papua sudah memiliki pabrik pengantongan semen (packing plant) di Sorong, unguk pabrik yang akan dibuat diproyeksikan memilik kapasitas produksi 1 juta ton semen per tahun, angka itu jauh lebih besar dari kebutuhan semen di papua 700.000-800.000 ton semen pertahun.
Konsumsi semen untuk Maluk dan Papua pertahn mencapai 1.2 jutan ton, atau sekitar 2% dari total konsumsi nasional yang mencapai 59.9 juta ton, konsumsi di P Jawa adalah konsumsi yang terbesar dengan jumlah 33.7 juta ton selanjutnya sumatera 12.4 juta ton.
Dengan adanya pabrik semen di Jayapura dapat menekan biaya distribusi di Papua khususnya dan untuk wawasan lain yaitu dapat mengeksport semen ke Papua Nugini..
Semen Indonesia mengalokasikan dana US$ 150juta untyuk pembangunannya, sumber dana 50:50 dari internal perseroan.
Saat ini sudah memeulai persiapan pembangunan pabrik 30-50 hektar, yang berdasarkan hasil studi kondisi geografis Jayapura bisa memenuhi ketersediaan bahan baku semen.